Social Icons

twitterfacebookrss feedemail

Berlibur ke Luar Negeri

Tidak semua negara menggunakan aksara latin dalam kehidupan sehari-hari, seperti Jepang, Rusia ataupun Arab. Padahal negara-negara tersebut mempunyai tempat wisata menarik yang membuat kita ingin mengunjunginya. Tetapi terkadang tulisan-tulisan petunjuk yang tidak menggunakan aksara latin membuat kita kebingungan untuk mengerti. Namun tak usah khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat berlibur ke negara tanpa aksara latin:
Banyak mencari Informasi sebelum pergi
Saat Anda tiba di negara yang tidak menggunakan aksara latin mungkin akan lebih susah bagi Anda dalam mencari informasi karena petunjuk penting kebanyakan ditulis bukan dengan huruf latin yang akan membuat Anda pusing. Untuk itu sebelum Anda berangkat ke negara tujuan, sebaiknya Anda mencari tahu secara detail tentang informasi negara yang akan Anda kunjungi tersebut. Namun tidak ada salahnya jika Anda juga ikut sedikit mempelajari kalimat-kalimat tulisan yang sederhana. Anda bisa mempelajarinya melalui internet maupun kamus lengkap.
Gunakan bahasa isyarat
Saat Anda benar-benar terdesak dan tidak bisa mengerti  harus bagaimana lagi, Anda dapat menggunakan bahasa isyarat sebagai media berkomunikasi. Tidak perlu malu saat menggunakan bahasa isyarat. Gerakan tubuh anda dengan gerakan yang banyak dikenal orang. Ketika Anda menggunakan bahasa isyarat, usahakan untuk tidak terlalu banyak bicara. Sebisa mungkin perhatikan mimik muka lawan bicara, Anda jangan sibuk dengan diri sendiri.
Jangan malu bertanya
Anda tentu akan mengalami banyak kebingungan saat berada di negara yang hampir seluruh petunjuk jalannya tidak bisa Anda baca. Untuk itu jangan malu untuk bertanya dengan orang. Jika Anda tidak bisa bertanya dengan penduduk lokal karena kendala bahasa, maka Anda bisa bertanya kepada sesama wisatawan. Biasanya sesama wisatawan cenderung lebih mudah untuk bertukar informasi.
Selalu bawa kamus kecil
Yang ini tentunya wajib anda bawa ketika traveling ke luar negeri, yaitu kamus kecil. Pilihlah kamus yang menggunakan beberapa arti, sebagai contoh kamus bahasa Jepang yang mempunyai arti bahasa Inggris atau Indonesia. Walaupun sedikit merepotkan dan kita harus selalu mengecek satu persatu untuk menanyakan sesuatu, namun kamus ini akan sangat berguna dan membantu Anda.
Buatlah kertas contekan aksara setempat
Cara yang satu ini cukup jitu dan bisa Anda gunakan dengan mudah. Caranya, Anda bisa meminta tolonglah kepada pegawai hotel untuk menuliskan nama obyek wisata yang akan Anda kunjungi dengan tulisan setempat pada secarik kertas. Anda hanya tinggal mencocokan saja dengan petunjuk jalan yang ada atau menanyakan kepada penduduk lokal.